Tuesday, May 2, 2017

Uraian Tugas Seksi Kemasyarakatan DPP

Uraian Tugas Seksi Kemasyarakatan DPP



A. Bidang Kemasyarakatan pada umumnya
  1. Menyusun rencana kerja dan anggaran belanja, dan menyampai¬kannya kepada DPP Harian dan DPP Pleno.
  2. Melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan keluarga di Paroki St. Yusuf Senaning.
  3. Memelihara dan meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial, solidaritas, perhatian dan kepedulian sosial, terutama kepada mereka yang miskin, terlantar dan korban bencana; sekaligus mencari bantuan dan menyalurkannya.
  4. Menginventaris golongan darah umat dan mengkoodinir untuk membantu mereka yang memerlukan sumbangan darah bagi anggota keluarga yang sakit atau dioperasi.
  5. Bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga lain terkait untuk melakukan berbagai bantuan sosial.
  6. Mengadakan pertemuan Seksi secara berkala.
  7. Berkomunikasi dan melapor secara berkala kepada DPP Harian, dan mempertanggungjawabkan segala kegiatan dan anggarannya secara tertulis, setahun sekali, kepada DPP Harian dan DPP Pleno.
  8. Memberikan motivasi kepada umat untuk ikut serta secara aktif terlibat dalam kegiatan masyarakat serta merekomendasikan kegiatan kemasyarakatan yang hendaknya diikuti umat di stasi atau Lingkungan masing-masing.
B. Bidang Sosial Ekonomi
  1. Mendorong umat untuk mewujudkan solidaritas sosial kepada mereka yang miskin dan terpinggirkan, yang sakit, cacat dan menderita.
  2. Mengembangkan kegiatan-kegitan yang secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan umat
  3. Mengadakan penyadaran, pembinaan dan pelatihan sosial dan ekonomi, agar semakin lahir sikap wirausaha.
  4. Menjadi penghubung antara Paroki dengan Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Sintang dan menindak lanjuti tawaran dan anjuran dari Komisi PSE Keuskupan, tingkat Regio dan Nasional (KWI).
C. Bidang Hubungan Antar Agama (HAK)
  1. Meningkatkan kerja sama dengan agama dan kepercayaan, baik dalam hubungan formal maupun informal, terutama mengenai isu-isu sosial yang menjadi keprihatinan bersama, terutama antara umat dengan umat.
  2. Ikut serta dalam berbagai kegiatan lintas sektoral dan agama¬kepercayaan dan bekerjasama dengan FKUB.
  3. Penyadaran kepada umat akan keragaman dan perbedaan yang menjadi sumber untuk saling memperkaya dan membangun dialog antar umat beragama.
  4. Merencanakan dan mengkoordinir kegiatan-kegiatan untuk membina persaudaraan yang lebih erat dengan saudara dari agama lain serta menjalin hubungan Dewan Pastoral Paroki kepada tokoh-tokoh dan pemuka agama lain, khususnya pada hari-hari raya.
  5. Menjadi penghubung antara Paroki dengan Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan (HAK) Keuskupan Sintang dan menindaklanjuti tawaran dan anjuran dari Komisi HAK Keuskupan, tingkat Regio dan Nasional (KWI).
D. Bidang Pendidikan
  1. Mengadakan kegiatan bagi umat untuk meningkatkan diri dalam hal kualitas hidup melalui pendidikan formal, nonformal maupun informal.
  2. Mengusahakan pelatihan dan peningkatan keterampilan yang melahirkan sikap wirausaha.
  3. Menyediakan bacaan dan informasi yang memadai dalam rangka mencerdaskan umat dalam berbagai isu.
  4. Mengusahakan agar tersedianya pendidikan agama Katolik di sekolah-sekolah yang ada di wilayah paroki, khususnya sekolah swasta non Katolik dan Negeri.
  5. Mengadakan pembinaan, pemberdayaan dan pelatihan untuk peningkatan kualitas para guru Katolik.
  6. Menyelenggarakan pendidikan atau pelatihan bagi orang-orang yang tidak mampu bersekolah dengan alasan biaya.
  7. Berkoordinasi dengan sekolah Katolik dan Yayasan dengan Paroki.
  8. Merencanakan kegiatan-kegiatan parokial dalam rangka pengembangan bakat seni budaya untuk umat, baik untuk anak-anak, remaja, OMK maupun orang tua, serta membangkitkan semangat umat untuk memperdalam dan mencintai seni budaya lokal.
  9. Menjadi penghubung antara Paroki dengan Komisi Pendidikan Keuskupan Sintang dan menindaklanjuti tawaran dan anjuran dari Komisi Pendidikan Keuskupan, tingkat Regio dan Nasional (KWI).
E. Bidang Pemakaman
  1. Menkoodinir kegiatan untuk menata dan memelihara Pemakaman Katolik.
  2. Mengkoodinir penggalian dan penguburan umat Katolik pada pemakaman Katolik di Paroki St. Yusuf Senaning.
  3. Mengkoodinir kerja bakti untuk pembersihan dan penataan pemakaman Katolik Paroki St. Yusuf Senaning.

No comments:

Post a Comment